bahan fleece
Fashion

Bahan Fleece, Keunggulan, Karakteristik, Kekurangan (Lengkap)

bahan fleece
source : Howcast – Youtube

Bahan Fleece – merupakan imitasi wool. Biasanya bahan ini digunakan untuk membuat pakaian outdoor seperti jaket dan sweater. Selain itu kain fleece ini juga dapat dimanfaatkan untuk pembuatan selimut dan bedsheet.

Apa itu Bahan Fleece?

Fleece adalah sebuah jenis kain yang karakteristiknya mengikuti wool, meskipun pemberian namanya menggunakan “fleece” yang artinya bulu domba, jenis ini 100% sintetis.

Mengapa banyak orang menggunakan fleece dari pada wool? itu karena sifat bahan ini yang super lembut dan breathable serta ramah lingkungan.

Dikatakan ramah lingkungan karena bahan ini terbuat dari poliester (berasal dari plastik), sehingga limbah plastik bisa dimanfaatkan untuk di daur ulang menjadi fleece.

Pembuatannya bisa dicampurkan dengan wol, rami, rayon dan yang lainnya, untuk mendapatkan tekstur tertentu.

Karena mayoritas pembuatan fleece ini dari plastik daur ulang, seperti botoal air minum, maka kain ini memiliki keunggulan ramah lingkungan dan tidak mahal.

Karakteristik Bahan Fleece

Bahan fleece sangat mudah dikenali jika kita tahu karakteristik bahannya seperti apa. Untuk lebih mengenal bahan ini, berikut beberapa ulasan yang kami sajikan.

karakteristik bahan fleece
source : Aliexpress

Jika diperhatikan dari material pembentukannya, kain fleece banyak dibuat dari bahan campuran polyester seperti polythylene terephthalate (PET), licra, nilon dan berbagai jenis bahan sintetis lain.

Untuk lebih memudahkan dalam mengenal jenis bahan fleece, insideNesia berikan gambaran mengenai karakteristiknya, berikut karaktersitiknya :

  • Bagian luar bahan fleece sangat lembut tetapi agak berbulu
  • Mampu menyerap air dengan baik
  • Tidak mudah melar
  • Bagian luar jika disentuh akan terasa hangat
  • Menyerap panas dengan baik
  • Menyerap keringat dengan baik
  • Memiliki sifat yang elastis
  • Tidak mudah terbakar
  • Melancarkan sirkulasi udara dengan baik

dengan gambaran mengenai ciri-ciri kain fleece diatas, kamu akan dapat mengenali kain ini, namun kamu harus lebih teliti karena kain ini agak mirip dengan kain tertentu.

Keunggulan Bahan Kain Fleece

keunggulan bahan fleece
source : Rakuten

Beberapa keunggulan yang dapat kamu dapatkan dari bahan fleece antara lain :

1. Mudah Kering

Bahan fleece ini cocok digunakan di daerah pegunungan yang cuacanya cenderung lembab, karena bahan ini mampu kering dengan cepat.

Meskipun digunakan dalam kondisi yang basah, bahan ini tetap bisa memberikan kehangatan karena bahan ini juga berperan sebagai insulator tubuh dengan baik.

2. Tekstur Lembut

Tekstur lembut, bahan ini memiliki tekstur yang lembut, sehingga nyaman dipakai dan tak perlu khawatir kulit akan iritasi atau gatal-gatal.\

3. Sifatnya Elastis

Bahannya yang elastis ini membuatnya mudah untuk dilipat, sekalipun bahan ini berbentuk jaket atau baju yang tebal. Kemudian, bahan ini juga tetap mungkin untuk dipakai oleh orang yang memiliki berat badan lebih karena sifat elastisnya.

4. Awet & Tahan Lama

Kekuatan bahan ini sangat awet dan tahan lama. Untuk kelembutannya pun cenderung bertambah sejalan dengan lama penggunaanya.

5. Sirkulasi Udara Mudah

Bahan ini dibuat dengan serat yang memungkinkan sirkulasi udara berjalan dengan baik, sehingga bahan ini mampu memberikan kesan hangat dengan tetap mensirkulasi udara.

Kekurangan Bahan Fleece

kekurangan bahan fleece
source : Fabrics galore

1. Tidak Tahan Terhadap Angin

Bahan fleece termasuk bahan yang meninggalkan kerenggangan, sehingga angin dengan mudah keluar masuk. Meski begitu, ini masih tetap bisa memberi kehangatan pada pemakainya karena keberadaan bulu yang ada di bagian dalamnya.

2. Proses Mencuci yang Repot

Bahan fleece ini tidak diperkenankan untuk dicampur dengan pewangi atau pemutih. Karena kedua benda ini bisa merusak kemampuan bahan fleece dalam menyerap air.

Jika Anda ingin mencucinya menggunakan mesin cuci tentu saja boleh, tetapi Anda harus menyetel mesin cuci agar berada di suhu yang paling rendah dan putaran yang paling lembut.

Untuk mengeringkan bahan ini pun harus Anda perhatikan. Jangan lupa untuk membalikkan bahan sehingga bagian luar berada di dalam dan bagian dalam berada di luar.

Menjemurnya juga harus di tempat yang teduh, hindari mejemurnya di bawah sinar matahari langsung, hal ini dilakukan agar bahan tidak rusak dan warnanya tidak pudar

3. Kurang Cocok Untuk Suhu Ekstrem

Meskipun bahan ini mampu menghangatkan tubuh, akan tetapi bahan ini masih kurang cocok untuk digunakan di daerah yang ekstrem misalnya sampai mencapai minus derajat celcius. Sebagai gantinya, gunakanlah bahan wool saja.

4. Bagian Luar Mudah Mengelupas

Ini juga menjadi kekurangannya. Anda harus berhati-hati dalam memakainya. Pengelupasan semacam ini akan terjadi secara perlahan walaupun anda tidak mencucinya.

5. Melar dan Warna Mudah Pudar

Kelebihan bahan ini salah satunya bersifat elastis, akan tetapi sifat elastis ini pun mampu menjadi kekurangannya, karena bahan ini justru akan semakin melar seiring berjalannya waktu.

Dari segi warna, meskipun bahan ini mempunyai warna yang bagus, tetapi semakin lama warnanya akan semakin memudar apabila dicuci.

6. Berat

Bahan fleece ini mempunyai warm to weight ratio yang lumayan besar sehingga berpengaruh pada beratnya. Bahan ini kurang direkomendasikan untuk orang-orang yang tidak suka dengan busana berat.

7. Debu mudah menempel

Kekurangan selanjutnya mengenai debu yang mudah menempel, karena bagian luar kain fleece memiliki bulu yang membuat debu bisa menempel, hinggap. Sehingga bahan ini mudah kotor.

8. Mudah menarik rambut

Bulu-bulu yang dimiliki kain fleece ini mampu menarik rambut Anda. Makanya untuk Anda yang memiliki rambut panjang haruslah berhati-hati ketika memakai bahan ini, karena potensi rambut tertarik akan lebih besar.

Jenis-Jenis Bahan Fleece

jenis bahan fleece
source : amazon

Ada beberapa kategori jenis kain ini, mulai dari bahan baku pembuatan hingga proses pembuatan yang menentukan perbedaan ketebalan.

  • Berikut jenis fleece berdasarkan bahan baku pembuatan :

1. Bahan fleece Polyetylene/PE

fleece Polyetylene/PE
source : in.rsdelivers

Bahan fleece Polyetylene/PE ini akan terlihat lebih mengkilap dibanding bahan fleece cotton, karena bahan PE ini mengandung polyester yang lebih banyak.

Tekstur PE ini lebih kaku dibanding fleece cotton, hal ini yang menjadikan bahan PE dipakai sebagai baju luar. Bagian terluarnya memiliki ketebalan yang lebih dibandingkan dengan jenis kaos PE.

Busana seperti jaket dan hoodie yang dibuat dengan bahan PE ini umumnya sangat disukai oleh kaum muda karena terlihat lebih elegan dan sporty.

2. Bahan Fleece Cotton

fleece cotton
source : simplififabric

Bahan ini memiliki permukaan yang halus, baik luar maupun bagian dalam. Dibandingkan dengan bahan kaos, bahan ini mempunyai serat kalin yang besar dan lebih kasar.

Permukaan kain fleece cotton umumnya lebih sejuk, lebih halus di kulit, dan lebih lembut. Bahannya yang bagus sangat sesuai digunakan sebagai pakaian hangat. 

Bahan fleece cotton ini menjadi yang paling halus dan lembut di antara 3 jenis, karena mempunyai campuran katun.

3. Bahan Fleece CVC

Bahan Fleece CVC
source : tokoaintextileonline

kain ini sering disebut dengan fleece cotton viscosa. Bahan ini mempunyai tekstur yang serat dan lebih kasar jika diraba. kainfleece ini banyak diproduksi menjadi jaket dan hoodie.

Jika dibandingkan dengan bahan fleece cotton, kualitas bahan ini berada di bawah, namun masih terbilang cukup bagus untuk mendekati.

  • Ada pertanyaan, bahan fleeece tebal atau tipis? Kain ini bisa juga di klasifikasikan berdasarkan ketebalannya, inilah beberapa klasifikasi berdasarkan ketebalannya :

1. Polar Fleece

Polar
source : 20below.net

Polar fleece merupakan istilah yang digunakan untuk nama bahan fleece yang terbuat dari serat polyester bisa juga dari plastik bekas daur ulang.

Jenis bahan polar fleece cenderung menjadi yang paling tebal dalam jenis fleece, dan bersifat hidrfobik (tidak menyerap air).

Dalam penggunaannya, bahan ini sering dimanfaatkan untuk membuat baju senam, hoodie, sprei, selimut, baju outdor, boneka atau bahan mainan.

2. Micro Fleece

selimut
source : amazon

Pada dasarnya baik micro fleece atau polar fleece adalah sama, namun perbedaan ada pada ketebalan, dimana micro fleece lebih tipis.

Jenis Micro Fleece lebih halus dan lembut, ringan dan biasanya di aplikasikan pada pakaian anak.

3. Sherpa Fleece

sherpa
source : DHgate.com

Sama halnya dengan polar fleece, jenis ini terbuat dari polyester tetapi memiliki dua sisi yang berbeda, sisi dalam biasanya lebih halus dan sisi luar memiliki tekstur yang tidak begitu halus.

Sisi bagian luar Sherpa Fleece mirip sekali dengan Woll, teksturnya tidak begitu lembut dan pil-nya (ujung kain yang berbentuk seperti bubble) sangat jelas.

Biasanya jenis ini dimanfaatkan sebagai karpet, topi, jaket dan yang lainnya.

5. Perbedaan Bahan Fleece dan BabbyTerry

Perbedaan Bahan Kain Fleece dengan Kain Babby Terry
source : etsy

bahan fleece dan babyterry bagus mana?kedua bahan ini sering digunakan untuk memproduksi jaket dan sweater. Lalu apa yang membedakan kedua bahan ini?

Kain fleece, sebenarnya imitasi dari wol. Jenis yang selalu digunakan oleh industry tekstil adalah jenis bahan fleece polyester, fleece CVC, dan fleece cotton.

Karena bahan ini termasuk imitasi dari wol, dirancanglah ini untuk memiliki kehangatan dan kelembutan seperti wool.

Babby terry, Bahan ini memiliki tekstur yang lembut dan serat tinggi. Bahan babby terry ini ada dua jenis, bahan yang digunakan untuk membuat sweater yaitu babby terry cotton dan bahan babby terry polyester.

Cara Merawat Bahan Fleece

  • Jenis ini terbilang aman untuk dicuci menggunaan mesin, asalkan suhunya harus diatur di titik paling rendah dan putaran yang paling pelan.
  • Tidak disarankan untuk mengunakan pewangi atau pemutih, karena akan merusak  daya serap dan ketahanan air kain.
  • Saat menjemur, sebaiknya dijemur pada tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari langsung agar tetap awet. Selain itu, jangan lupa untuk membalikkannya, bagian luar berada di dalam dan bagian dalam berada di luar agar warnanya tidak pudar.
  • Tidak disarankan untuk disetrika, karena bahan ini sangat sensitive terhadap panas. Untuk menjaga kerapiannya, setelah dijemur bis alangsung dilipat dan dimasukkan ke lemari.

Penggunaan Bahan Fleece

Bahan kain akan dibuat sesuai dengan kebutuhan, baik kebutuhan fashion maupun iklim tertentu.

Seperti kain wool yang dibuat untuk menghangatkan tubuh saat iklim atau cuaca sedang dingin, demikian halnya dengan bahan fleece, baik kebutuhan fashion ataupun lainnya.

Inilah beberapa hal yang dibuat dari bahan fleece :

1. Jaket Fleece

jaket
source : Stio.com

Jaket menjadi salah satu pemanfaatan kain ini, jaket biasa digunakan untuk melindungi tubuh dari suhu diluar tubuh.

Banyak yang berpindah dari wool ke fleece karena memiliki karakter yang lebih baik dari kain wool serta lebih lembut dan ringan.

2. Selimut Bahan Fleece

selimut bahan fleece
source : blibli.com

Beberapa pakaian kain bahkan hingga selimut banyak terbuat dari fleece, karena bahan ini dinilai sangat ramah anak, mulai dari tekstur yang lembut, bisa menjaga hangat dan menghantarkan udara dengan baik.

3. Topi Fleece

topi bahan fleece
source : stussy.com

Topi pada dasarnya memiliki dua fungsi yakni menjaga suhu untuk kepala dan menambah nilai fashion pada pemakai.

bahan ini dapat merepresentasikan kedua hal tersebut.

4. Boneka Fleece

boneka
source : tsabita-boneka.blogspot.com

Anak kecil membutuhkan kemanan pada segala hal, pakaian, makanan, hingga mainan. Dengan fleece mainan anak seperti boneka menjadi aman bagi si Anak.

5. Syal & Sarung Tangan Fleece

syal
source : idkiss.png.com

Syal menjadi penghangat ekstra bagi tubuh, tentunya dibutuhkan bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik.

Bahan ini dikenal sangat baik dalam menjaga suhu panas, meskipun serat bulu yang terdapat pada kain ini bisa bernafas (breathable) namun tetap suhu dapat dijaga dengan baik.

Harga

Jenis yang paling banyak dijual di Indonesia adalah jenis Fleece PE dan Fleece Mach rib, berikut adalah kisaran harganya :

  • Fleech PE

67.000/kg ecerean

65.000/kg Roll

  • Fleech Mach rib

117.00/kg eceran

107.00/kg Roll

  • Fleece Katun

100.000/kg

  • Polar Fleece

75.000/m

Kesimpulan

Nah, demikianlah penjelasan insideNesia mengenai jenis kain ini, dengan beberapa keunggulan dibanding kain wool kamu bisa memilih kain ini untuk alternatif.

Meskipun baik dan buruknya kain ini, tergantung pada kondisi yang anda selaraskan dengan kebutuhan, semisal anda membuat jenis kain ini sebagai fashion tetapi iklim di daerah anda panas.

Maka itu menjadi tidak baik dan tidak pas.

Untuk sektor bisnis dan usaha, bahan fleece ini bisa menjadi pilihan yang kamu gunakan untuk membuat berbagai macam model fashion, karena dari anak-anak hingga dewasa ada produk yang menggunakan kain ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *