bahan kain wolfis
Fashion

Bahan Kain Wolfis (Karakteristik, Keunggulan, Jenis, Harga)

Bahan Kain woolpeach wolfis wolvis
source : alibaba

Bahan Kain Wolfis – atau dikenal woolpeach, wolvis merupakan kain yang cukup populer dan banyak digunakan di industri tekstil di Indonesia.

Banyak yang menilai kain Wolfis merupakan campuran dari serat alami dan kimia, padahal kain ini terbuat dari bahan Polyester 100%.

Pabrik kain ini banyak terdapat di China dan pengguna terbesarnya dari Asia dan Timur Tengah.

Asal Bahan Kain Wolfis

Kain Wolfis terbuat dari 100% polyester, apakah kamu tahu apa itu polyester? Bahan polyester adalah salah satu bahan kain yang dibuat oleh manusia. Bahan polyester bukan berasal dari alam, melainkan melalui proses kimiawi.

Kata polyester berasal dari dua kata, polymer yang berarti plastik, ester yang merupakan hasil pencampuran minyak bumi, alkohol, dan asam karboksila.

Maka pada dasarnya rasa naturalnya ada di bawah bahan katun dan juga sutra, meskipun terbuat dari bahan yang tidak alami, namun tetap bahan kain wolfis masih terbilang sangat nyaman untuk digunakan.

Bahan kain ini mempunyai keunggulan lain yaitu dibuat dari serat sintetis, jadi warna printing pada Woolpeach bisa lebih hidup dari kain jenis lainnya seperti chiffon, sutera, saten, katun,dan kain lainnya.

Deskripsi Bahan Kain Wolfis

Bahan kain ini terkadang disebut sebagai Woolpeach, Wolfis, Wolfiz, Kain Arab, dan juga Kain Arob.

Woolpeach adalah satu jenis kain yang bisa secara langsung dibuat busana tanpa perlu menambahkan furing lagi, bisa juga dibuat sebagai sax dress, khaftan mini, jilbab atau hijab dan lain sebagainya.

Lebar dari kain wolfis ini bervariasi, mulai dari ukuran 115 cm dan ada juga yang berukuran 150 cm.

Kain wolfis, adalah kain yang banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam fashion. Beberapa sangat laku di pasaran seperti gamis, jilbab dan lain-lain, ini karena bahan wolfis ini memiliki kelebihan nyaman dipakai.

Kain ini tidak terlalu tebal, namun tidak transaparan juga, kain ini ketebalanya ada di bawah jersey, kain ini terbilang ringan dan tidak terlalu gerah saat dipakai.

Bahan wolfis terkenal cukup halus, banyak kaum wanita menyukai pakaian yang terbuat dari bahan kain wolfis ini, selain dari murah tentunya.

Teksturnya bersifat jatuh dan cukup rapat pada serat benangnya, dengan harga yang tergolong murah, dan segudang kelebihannya. Maka tak aneh kain ini populer di pasaran.

Karakteristik Bahan

Sebagaimana kain-kain yang lain, setiap kain memiliki ciri khas nya sendiri, begitupun kain wolfis yang memiliki beberapa karakteristik sebagaimana berikut :

  • Halus
  • Menampilkan warna dengan optimal
  • Ringan
  • Bahan jatuh dan tidak mudah kusut
  • Sejuk
  • Tidak transparan
  • Tidak licin

Seperti ini lah kurang lebih karakteristik bahan kain wolfis, dengan berbagai karakter kain ini, kain wolfis dirasa sangat cocok digunakan ke dalam berbagai macam jenis fashion.

Penggunaan Bahan Wolfis

Harga yang murah, karakter kain yang nyaman, membuat kain ini sangat laku di pasaran, permintaan terhadap jenis kain wolfis ini terus menambah dengan variasi warna dan motif yang baru.

Pakaian Muslimah yang lazimnya tertutup hingga menutupi seluruh anggota tubuh kecual wajah dan telapak tangan, cocok dengan karakter kain ini, sehingga kebanyakan kain ini di ekspor ke timur tengah juga.

Beberapa insideNesia rangkumkan untuk anda mengenai pengaplikasian jenis kain ini terhadap jenis-jenis busana dan fashion, ini dia diantaranya :

1. Jubah Akhwat

jubah wanita bahan wolfis
source : Shopee

Dengan rasa adem di pakai, jelas bahan ini bisa jadi pilihan utama saat membuat jenis pakaian yang tertutup ,seperti jubah untuk wanita seperti ini.

Aktifitas yang super sibuk tidak akan mengganggu kenyamanan, pakaian jenis ini akan tetap sejuk digunakan jika menggunakan bahan wolfis.

2. Gamis Wolfis

gamis bahan wolfis
source : tokopedia

Gamis syar’i model sekarang sangat kaya akan motif dan corak warna, bahan wolfis memiliki keunggulan dalam menampilkan warna.

Serat yang pekat dan tidak transparan masih menjadi idola para pengusaha tekstil untuk menggunakan bahan ini menjadi berbagai macam produk fashion.

3. Rok Wolfis

rok bahan wolfis
source : Tokopedia

Bahan wolfis dengan berbagai variasi warna, cocok juga digunakan sebagai rok, karena bisa di kombinasikan dengan berbagai macam corak atasan.

Rok dengan bahan wolfis ini cukup ramai di pasaran, karena harganya yang murah dan juga banyak pilihan variasi waran dan motif.

4. Khimar Wolfis

Khimar Bahan kain Wolfis
source : Tokopedia

Khimar atau Hijab Syar’i yang biasanya berukuran besar, menutupi dada hingga ke pinggang, pasti membutuhkan bahan yang sejuk karena ukurannya yang besar.

Bahan wolfis masih menjadi pilihan dalam pembuatan khimar ini, karena kain ini sejuk, halus serta banyak variasi warna.

5. Kulot Wolfis

Kulot bahan wolfis
source : Tokopedia

Celana kulot merupakan tipe celana wanita yang memiliki ukuran yang cukup besar, sering disebut juga dengan celana panjang longgar, celana plazzo.

Kulot merupakan celana yang dipotong panjang sampai selutut, namun sekarang banyak yang sampai mata kaki.

Kulot menggunakan berbagai macam bahan, salah satunya menggunakan bahan wolfis, karena nyaman untuk digunakan.

6. Celana Wolfis

Celana bahan wolfis
source : Tokopedia

Celana panjang biasa pun tidak luput dari penggunaan bahan wolfis, tidak aneh memang, dengan kenyamanan dan harga yang bersahabat, bahan ini di pakai di segala jenis fashion.

7. Outer Wolfis

source : Tokopedia

Dengan kombinasi yang baik, bahan kain wolfis sangat bagus loh dibuat outer, baik outer panjang maupun yang pendek.

Outer biasanya digunakan sebagai pakaian pelapis agar menambahkan kesan modis pada pakaian yang sedang kamu pakai.

Masih banyak lagi penerapan kain wolfis pada berbagai jenis fashion, atau bahkan kamu bisa menciptakan kreasimu sendiri.

Keunggulan Kain Wolfis

Bahan kain wolfis sebenarnya bisa di dibilang kain netral, karena jika orang awam akan sangat sulit untuk membedakannya, yang paling mudah dikenali adalah harganya yang ekonomis.

Harga bahan kain yang murah tentu saja membuat semua produk yang dibuat dari kain ini menjadi murah juga, akan tetapi dengan harga yang murah, beberapa keunggulan ini menjadi nilai tambah.

insideNesia merangkum beberapa kelebihan bahan kain wolfis, diantaranya :

1. Harga Terjangkau

Kain ini menjadi kain yang paling cepat re-stock, mengapa? karena tidak cuma satu jenis pakaian yang menggunakan kain ini sebagai bahan pembuatan pakaiannya.

Harganya cenderung sangat murah, pasar tekstil yang berlimpah stock dan pebisnis fashion yang terus berinovasi, membuat bahan ini sangat laku di pasaran.

Rata-rata penjualan pakaian dengan bahan ini sangat tinggi, maklum saja dari contoh diatas saja, sudah cukup komplit jenis pakaian yang terbuat dari kain wolfis.

2. Bahan Kain Lembut

Pada dasarnya fungsi pakaian adalah untuk melindungi tubuh dan tolak ukurnya adalah kenyamanan, jika pakaian sudah tidak nyaman digunakan berarti sudah keluar dari tolak ukurnya.

Bahan wolfis memiliki keunggulan dengan tekstur yang sangat lembut, berbeda dengan jenis kain lainnya yang bertekstur seperti kain wolycrape, kain wolfis lembut dan berserat rapat.

3. Bahan Kain Tidak Mudah Kusut

Jika kamu menggunakan bahan kain wolfis, kamu tidak perlu khawatir akan penampilanmu, bahan kain ini karakternya jatuh, jadi tidak mudah kusut.

4. Tidak Transparan

Kain wolfis dengan ciri khasnya yang memiliki serat yang sangat rapat, meskipun kain ini terbilang ringan, namun kain ini sudah bisa digunakan meskipun satu layer, tanpa puring.

Untuk wanita muslimah yang menggunakan gamis, khimar, jilbab, bahan ini membantu anda menutup aurat secara kaffah.

5. Banyak Pilihan Warna

Salah satu alasan kenapa bahan kain ini menjadi bahan yang laris, karena pilihan warnanya banyak, serta ada juga motif-motif yang unik dan lucu yang bahkan bisa kamu custom.

Dengan serat dari polyester, bahan ini memunculkan warna dengan sangat optimal sehingga mudah membuat varian warnanya.

6. Mudah di Dapat di Pasaran

Bersyukur karena barang ini mudah di dapat di pasaran, permintaan barang dan penjualan sangat stabil, dua-duanya sama-sama dalam grafik naik dan ramai peminat.

Hal ini dilihat oleh pebisnis sebagai suatu keharusan, setiap toko tekstil memiliki stok bahan ini, hampir di setiap kota di Indonesia, bahan kain wolfis mudah di dapat.

Kekurangan Kain Wolfis

Kekurangan sebenarnya tergantung kepada masing-masing, karena berbeda orang, berbeda rabaan, berbeda juga rasanya.

Namun menurut insideNesia, bahan wolfis kekurangannya adalah beberapa tidak cocok pada orang-orang yang alergi pada bahan sintetis.

Dari segi kualitaspun bahan wolfis ada dibawah katun, kain ini pun tidak tahan pada panas, jadi perawatannya harus diperhatikan.

Jenis Kain Wolfis

Kain wolfis memiliki beberapa jenis, dinataranya ; Jasmine, Monalisa, Miracle dan yang lainnya.

BACA JUGA ARTIKEL TENTANG : BAHAN KAIN MONALISA

Secara peringkat kualitas ada grade A dan grade B, perbedaan ini pada kekerapan serat dan kehalusan kain atau mudah nya ada kualitas wolfis Premium dan Wolfis Murah.

Cara Membedakan Grade Kain Wolfis

Banyak penjualan pasti banyak kebutuhan, banyak kebutuhan pasti ada banyak penyedia, terlalu banyak penyedia banyak pula perbedaan bahkan penipuan.

Seperti itu lah biasanya suatu perputaran kebutuhan barang dalam bisnis, namun tenang, ada beberapa tips untuk membedakan kualitas bahan kain woolpeach yang kamu butuhkan.

Wolfis Premium

bahan kain wolfis premium
source : buakalapak

Wolfis Non-Premium / Grade B

bahan kain wolfis murah

Tabel Perbedaan Grade A dan Grade B

Tabel perbedaan woolpeach premium dengan yang non-premium.

Jenis KainWolfis PremiumWolfis non-Premium
Serat BahanSerat kain sangat halus,
susah untuk dilihat, dan
tak timbul saat disentuh
sekilas
Serat agak longgar,
agak kurang rapih,
serat tidak kokoh,
tekstur timbul kain
teraba.
Tekstur KainSangat halus, tidak licin
tekstur tidak timbul,
sama sekali tidak kasar
Sedikit kesat tetapi
tidak licin, tidak kasar
Karakteristik
Kain
Kain ringan, jatuh,
tidak transparan sama
sekali
kain ringan, jatuh
namun sedikit
transaparan.
Daya SerapTidak Menyerap
keringat
Tidak Menyerap
keringat

Perbedaan Kain Wolfis dengan Kain Woly Crepe

Cara Merawat Kain Wolfis

Bahan ini sangat disarankan untuk dijauhkan dari panas secara langsung, seperti di jemur langsung dibawah terik matahari, di setrika langsung, atau di cuci dengan air hangat.

Cara perawatan bahan kain wolfis :

  • Rendam secukupnya jangan terlalu lama
  • Gunakan deterjen secukupnya
  • Hindari penggunaan mesin cuci
  • Kucek secara perlahan
  • Jemur di tempat yg terpapar sinar matahari tidak langsung
  • Beri alas seperti koran/kain saat disetrika

Dengan perawatan yang baik dan benar, pakaian anda akan awet dan selalu terlihat baru.

Harga Kain Wolfis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *