Rubrik, SEO

Cara Membeli Domain dan Hosting Untuk Membuat Website

Jika kamu telah memiliki nama untuk brand website kamu, dan kamu sudah mengetahui kemana arah niche website kamu, mari kita lanjutkan cara membeli domain dan hosting untuk website kamu.

Ada banyak penyedia jasa domain dan hosting, jika target kamu adalah pengunjung dari Indonesia, maka insideNesia menyarankan untuk menggunakan jasa provider lokal.

Provider penyedia jasa lokal yang memiliki server di Indonesia akan memudahkan dan mempercepat pengunjung untuk mengaskses kepada website kamu.

Akan tetapi, jika target pengunjung website dari seluruh dunia, maka sebaiknya kamu menggunakan jasa hosting luar seperti : Bluehost, Hostgator, meskipun ada juga penyedia lokal yang memiliki server diluar negeri juga.

Faktor yang biasanya menetukan untuk memilih jasa penyedia hosting adalah :

  • Menggunakan SSD
  • Jumlah Harddisk Space
  • Jumlah Bandwitch Limit
  • Tech Support

Setiap penyedia memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, dan sangat sulit untuk menentukan karena ada keuntungan masing-masing, akan tetapi jika kamu butuh rekomendasi, insideNesia akan menyarankan untuk menggunakan :

  • Dewa Web
  • Rumah Web

Tentu saja banyak penyedia yang lebih murah atau lebih baik di fitur tertentu, akan tetapi insideNesia mengambil 2 penyedia tersebut berdasarkan keamanan dan kelengkapan fitur secara rata-rata.

kedua penyedia jasa hosting ini sudah menggunakan SSD, http/2 serta LiteSpeed, ini akan berfungsi untuk kecepatan website kamu.

Ingat, insideNesia selalu menyarankan untuk memulai dengan badget terendah, jika suatu saat kamu membutuhkan support yang lebih, kamu bisa mengupgrade-nya kapanpun juga.

1. Contoh Cara Membeli Domain dan Hosting

Mari kita coba untuk membeli domain dan hostin , karena kurang lebih sama dalam prosesnya, kami akan mencontohkan membeli domain dan hosting di provider rumah web.

1. Masuk ke Situs Rumah Web

source : rumahweb.com

Masuk ke situs rumah Web, lalu pilih menu hosting.

2. Pilih menu WordPress Hosting

Pilih menu wordpress hosting, mengapa memilih wordpress karena kita mencontohkan menggunakan platform dari wordpress untuk memudahkan bagi pemula.

Memangnya ada apa dengan WordPress, nanti akan kita jelaskan.

3. Memilih Paket Hosting

Scroll ke bawah di menu WordPress Hosting, lalu kamu akan menemukan seperti gambar diatas.

Tombol diatas bisa kamu geser ke kanan untuk menentukan paket mana yang akan kamu ambil, insideNesia menyarankan untuk mengambil yang termurah dahulu.

4. Cek Ketersediaan Domain dan Memilih Extention

Cek ketersediaan nama website kamu, kami mencontohkan dengan nama “RumahUcok” insideNesia menyarankan untuk menggunakan extention “.com” untuk memperluas jangkauan pengunjung

Kamu bisa memilih untuk mengaktifkan fitur Privat Privacy Protecion, untuk melindungi identitas kamu, agar pengunjung tidak bisa mengetahui siapa pemilik domain tersebut, ini berbayar sekitar 10.000/Tahun.

FYI, kamu bisa mengetahui identitas pemilik website dengan menggunankan Whois.net, tetapi jika kamu mebuat website untuk perusahaan, fitur ini dirasa tidak perlu karena datanya umum.

5. Memilih Paket Layanan dan Cara Pembayaran

Kamu bisa menentukan paket dengan layanan tertentu dan kamu bisa memilih untuk berapa lama kamu berlayanan, kamu bisa memilih bayar per bulan, 3 bulan, 6 bulan, atau setahun, ini berkaitan dengan kenyamanan saja.

Setelah selesai memilih, kamu lanjutkan dengan metode apa pembayaran akan dilakukan, ada beberapa cara dan banyak pilihan bank, kamu mungkin sudah bisa untuk itu.

Jangan lupa cek kembali review belanjaan anda, untuk memastikan tidak ada kesalahan sebelum menyelsaikannya, setelah itu klik checkout.

Jika sudah berhasil, anda akan mendapatkan email konfirmasi dari rumah Web, Selamat jika seperti itu sekarang anda sudah memiliki Domain dan Hosting.

2. Kelebihan Platform WordPress

Setelah memiliki domain dan hosting, tugas kita adalah menentukan platform, kita bisa memilih berbagai macam platform, mulai dari memakai CMS, Website Builder dan HTML + CSS.

Kami menyarankan menggunakan CMS (Content Management System), CMS berfungsi untuk mengatur konten digital tanpa perlu koding, ini sangat direkomendasikan bagi pemula.

Ada banyak Platform CMS, dan beberapa diantaranya populer digunakan seperti, Medium, Blogger, Drupal, Shopify atau Sirclo untuk website online shop, tetapi wordpress masih menduduki Market Share terbesar yakni 59,9 persen.

source : niagahoster

Mengapa wordpress menjadi pilihan, karena penyedia yang lain seperti medium, blogger dan yang lainnya merupakan hosted service.

Maka itu artinya anda sebenarnya hanya menyewa kepada mereka, meskipun beberapa justru memberikannya secara gratis seperti Medium contohnya, kamu hanya tinggal daftar.

Setelah daftar kamu bisa langsung fokus pada konten, masalah server, teknologi dan bug, itu semua menjadi urusan mereka.

Tetapi ini artinya kontrol ada di tangan penyedia sepenuhnya, seperti contoh kita hanya bisa menggunakan tema yang mereka sediakan, ini berarti website kamu bisa di isi iklan oleh mereka.

Semua keterbatasan ini adalah konsekuensi dari kemudahan dan harganya yang gratis.

Mari kita bandingkan dengan membuat dari nol atau menggunakan cara HTML,CSS atau Java Script. kamu akan memiliki kontrol penuh jika melakukan dengan cara ini

Tetapi,

Kamu harus melakukan semuanya sendiri, mulai dari setting, bahkan membuat fitur-fitur simpel pun membutuhkan waktu yang lama.

Maka WordPress bisa menjadi solusi ditengah, kemudahan, fleksibilitas dan kontrol penuh.

Pada dasarnya wordpress adalah website yang sudah jadi, kamu harus mengunduhnya dan menjalankannya di server kamu sendiri, kamu memiliki kontrol penuh dan bahkan kemudahan dalam mengaturnya.

Seperti contoh fitur plug-in yang ada di WordPress akan sangat membantu membuat website kamu lebih baik, tanpa harus repot untuk membuat sendiri fitur tersebut.

3. Menentukan Pilihan

Setelah sedikit pemaparan diatas tentu ada kemudahan dan kesulitan, sesuaikan pembelian dengan kebutuhan, jika kamu memilih memakai wordpress tentu kamu akan mempelajari beberapa hal.

Kamu akan butuh mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pengoptimalan kecepatan web, dan penggunaan tema dan plug-in, tentu harus dipelajari, akan tetapi ini akan mudah dan menyenangkan.

insideNesia akan membantu kamu di artikel selanjutnya mengenai cara memasang wordpress dan mengatur tema serta membahas beberapa plug-in, kami sangat ingin membantu kamu sebisa kami, maka kamu bisa tanyakan kendala yang kamu alami di kolom komtar kami.

Terima Kasih.

????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *