Undangan Pernikahan
Inspirasi Inside

Jenis, Isi, Contoh Undangan Pernikahan 2019 (Ter-Lengkap)

Contoh undangan pernikahan- wedding invitation fungsinya ada dua, pertama untuk mengundang sanak keluarga, kerabat dan sahabat, kedua untuk membuat panas hati mantan yang cuma kasih harapan. hehe

Kamu bisa buat undangan pernikahan dengan berbagai model dan variasi bentuk maupun bahasa, namun utamanya kamu membuat undangan dengan harapan, penerima akan berangkat ke pesta kamu.

Beberapa contoh undangan pernikahan kadang sangat biasa, padahal pestanya cukup meriah. Maka kamu jangan salah pilih untuk jenis undangannya, insideNesia kasih kamu refrensi contoh undangan pernikahan yang kamu banget, check this out :

Contoh Undangan Pernikahan Elegan

contoh undangan pernikahan elegan
contoh undangan pernikahan elegan
source : pinterest.com

Undangan pernikahan bisa menggambarkan bagaimana tipe diri kamu dan juga seperti apa pesta yang akan kamu adakan. Contoh undangan pernikahan seperti ini jelas menunjukan kelasnya.

Undangan pernikahan seperti ini menunjukan bahwa pesta pernikahan yang akan dilaksanakan bersifat eksklusif, mewah dan sangat formal.

Tamu bisa menyesuaikan pakaian apa yang bisa digunakan untuk acara pernikahan seperti ini, biasanya bisa menggunakan jas ataupun pakaian pesta formal lainnya.

Contoh Undangan Pernikahan Amplop

contoh undangan pernikahan amplop
source : praisewedding.com

Banyak media yang bisa digunakan untuk menambah variasi pada undangan, contoh nya seperti amplop. Amplop bisa digunakan untuk mewadahi undangan pernikahan agar tampak rapih.

Dalam sebuah amplop undangan pernikahan kamu bisa memasukan beberapa kartu seperti, kartu undangan, kartu informasi tempat pesta, kartu ucapan terima kasih.

Ada baiknya undangan itu dibuat kartu-kartu kecil dan dimasukan kedalam amplop sehingga menambahkan kesan yang simple dan indah.

Contoh Undangan Pernikahan Simple Sederhana

contoh undangan pernikahan simple
source : supremeweddingplans.uk

Untuk meminimalisir biaya yang melonjak dalam pernikahan, kamu bisa kurangi pada budget undangan pernikahan. Kamu bisa membuat undangan pernikahan yang simple namun tetap menarik.

Semakin sedikit hiasan, ornamen pada undangan pernikahan maka akan sedikit pula biaya yang dikeluarkan. Hal yang harus ada dalam undangan yakni siapa yang mau menikah, kapan dan dimana itu akan diadakan.

Contoh Undangan Pernikahan Islami

contoh undangan pernikahan islami
source : Alibaba.com

Indonesia memiliki populasi muslim terbanyak, sudah barang tentu akan ada yang memilih untuk membuat undangan pernikahan yang Islami.

Contoh undangan pernikahan yang Islami pada dasarnya tidak memasang foto prewedding karena dalam Islam hukumnya tidak boleh bersama sebelum akad nikah apalagi berfoto untuk prewed.

Maka solusinya ialah dengan menggunakan animasi, kartun, atau hanya mencantumkan nama. Untuk menghilangkan kesan monoton pada undangan kamu bisa menambahkan ornamen atau tulisan arab.

Contoh Undangan Pernikahan Unik

Ada banyak tipe undangan pernikahan yang unik dengan menambahkan kreatifitas atau karakter pemesan undangan. insideNesia menunjukan buat kamu beberapa diantaranya :

Undangan Pernikahan Unik dengan Unsur Musik

contoh undangan pernikahan unik
source : etsy.com

Jika kamu seorang musisi dan orang-orang disekitar kamu merupakan para seniman dan musisi maka jenis undangan pernikahan satu ini sangat cocok.

Kamu bisa membuat undangan dengan potongan kertas tertentu dengan bentuk piringan hitam dan ditulis mengenai informasi mengenai pesta kamu, unik bukan?

Undangan Pernikahan Unik Tiket Konser

contoh undangan pernikahan unik
source : emmalinebride.com

Membuat suatu kartu undangan pernikahan bisa melibatkan banyak hal, jika kamu ingin undangan pernikahan kamu tidak membosankan, kamu bisa meniru gaya ini dengan menyerupai tiket konser.

Mungkin beberapa orang akan menyimpan undangan kamu karena sangat unik dan bisa menjadi benda yang layak di koleksi. Undangan Pernikahan seperti ini murah loh !

Undangan Pernikahan Unik Puzzle

contoh undangan pernikahan puzzle
source : invitationideas.org

Puzzle bisa menjadi lambang dari sesuatu hal terpisah yang apabila disatukan akan menjadi sempurna, maka kamu bisa gunakan gaya undangan ini untuk kartu pernikahan kamu.

Tamu akan dengan senang hati menyusun kartu undangan pernikahan ini sehingga tersusun rapih menjadi undangan pernikahan yang memberikan informasi kemana mereka harus menghadirinya.

Undangan Pernikahan Unik dengan Gantungan Acrylic

contoh undangan pernikahan gantungan
source : sageofcon.com

Beberapa orang sangat senang mengoleksi gantungan pakaian, brand pakaian, maka tidak menutup kemungkinan jika kamu membuat undangan dengan gaya gantungan seperti ini, bisa jadi mereka simpan atau dipakai untuk hiasan di rumah mereka.

Selain itu, kamu tidak memerlukan budget besar untuk membuat undangan semacam ini, karena hanya membutuhkan sepotong kertas khusus dan tali dari serabut tumbuhan. Murah dan Unik, cocok !

Undangan Pernikahan Unik Peta

contoh undangan pernikahan unik peta
source : smartvaforu.com

Undangan satu halaman? biasa, undangan dilipat tiga? biasa. Kamu bisa bikin yang beda, dengan bikin undangan pernikahan ala-ala peta harta karun.

Kami yakin tidak ada orang yang bosan untuk membacanya hingga habis, semakin mirip dengan peta semakin penasaran tamu untuk membacanya.

Undangan Pernikahan Unik Koran

contoh undangan pernikahan koran
source : artfulpixels.com

Banyak orang gemar membaca koran, tapi tidak banyak yang gemar membaca surat undangan, apalagi kalau sudah tahu siapa yang mengundangnya.

Kombinasi dari surat undangan dan surat kabar kami pikir sangat cocok dan unik, tidak tampak monoton dan bisa kamu buat seolah koran sungguhan. Belum nikah udah masuk koran! 😀

Undangan Pernikahan Unik Passport

contoh undangan pernikahan unique
source : destinantionweddingdetails.com

Membuat paspor udah kebayang dong gimana ribetnya, kalo bikin undangan unik berbentuk paspor kayaknya gak susah dan keren pula kelihatannya.

Sebelum buat paspor ada baiknya kamu tentukan dahulu kemana hendak pergi, ketika akan membuat undangan pernikahan paspor ada baiknya kamu tentukan dulu siapa pasangannya. hehe

Undangan Pernikahan Unik Kanvas Lukisan & Animasi

contoh undangan pernikahan lukisan
source : czekitout.com

Hobi melukis? atau mendapat pasangan seorang seniman? coba kamu buat undangan pernikahan kamu sendiri dengan dilukis dan setelah jadi bisa kamu perbanyak.

Undangan pernikahan seperti ini bisa jadi kamu banget karena original hasil karya cinta kamu dan pasangan kamu.

Undangan Pernikahan Unik Gaun dan Jas

contoh undangan pernikahan bentuk gaun
source : m.ebay.ie

Membuat pesta pernikahan di gedung mungkin secara tidak langsung menyuruh tamu untuk menggunakan dresscode tertentu.

Membuat surat undangan dengan tipe ini bisa membuat kamu lebih enak untuk memberitahu tamu kamu dresscode apa yang harus digunakan, selain itu undangan pernikahan ini keren juga.

Undangan Pernikahan Unik Balon

contoh undangan pernikahan balon
source : wedding-philippines.com

Ini adalah undangan pernikahan ter-unik versi insideNesia karena selain materi yang terbuat dari bahan yang tidak biasa, tamu undangan pun harus berusaha untuk tahu info acara pesta kamu dengan cara meniup balon undangan yang kamu berikan.

Undangan Pernikahan Unik Kertas Lipat

source : wedding-philippines.com

Kertas undangan pernikahan yang dibuat origami dengan bentuk tertenu bisa menjadi alternatif surat undangan yang unik. Kamu bisa mencontoh surat undangan diatas, effisien dan anti-mainstream.

Undangan Pernikahan Unik 3D

source : wedding-philippines.com

Jika biasanya undangan dibuat 2D maka cobalah untuk membuat dengan 3D, Jenis pembuatan undangan seperti ini belum mainstream, mungkin karena memakan cukup banyak biaya & di Indonesia belum banyak yang menyediakan jasanya.

Contoh Undangan Pernikahan dengan Hadiah

contoh undangan pernikahan hadiah
source : marigoldgrey.com

Kamu sudah banyak mengeluarkan anggaran untuk pesrta pernikahan kamu, namun kamu khawatir jika tamu undangan tidak bisa hadir sepenuhnya.

Gunakan cara ini dengan memberi mereka cinderamata terlebih dahulu, jika biasanya cindramta diberikan di venue, kamu bisa berikan sekaligus dengan undangan kamu.

Hal ini bisa menjadi pertimbangan tamu undangan untuk datang memenuhi undangan kamu. Namun saran dari kami, jangan terlalu boros dalam hal ini kecuali kamu crazyrich-nya Indonesia.

Undangan Pernikahan Animasi

contoh undangan pernikahan animasi
source : by Yulia Bunga Zainal – Behance.net

Kalo anak Desain Komunikasi Visual (DKV) nikah, bisa jadi undangan pernikahan dan segala macam atribut dan asesorisnya di desain sendiri dengan animasi macam ini.

Contoh Undangan Pernikahan Kartun

contoh undangan pernikahan kartun
source : wedding-philippines.com

Membuat undangan pernikahan dengan kartun atau karikatur bisa menjadi alternatif buat kamu yang gamau ribet foto-foto untuk prewedding, selain itu kamu bisa buat gambar-gambar kartun lain yang unik dan epic.

Namun biasanya tidak semua tempat percetakan undangan pernikahan menyediakan jasa desain kartun, kamu bisa jadi harus menggunakan jasa desain grafis khusus untuk membuatnya.

Contoh Undangan Pernikahan Animasi Video

by Asep Ykl – Youtube.com

Mencetak undangan pernikahan memang membutuhkan banyak biaya apalagi di era digital seperti ini, hal tersebut kurang effisien karena komunikasi virtual sudah sangat berkembang.

Animasi video bisa jadi alternatif untuk menghemat biaya percetakan dan akomodasi tranportasi untuk mengantarkan surat undangan.

Gunakan aplikasi editing seperti adobe atau after effect untuk membuat video animasi, tetapi kalo kamu tidak ahli jangan sekali-kali memaksakan, bisa menjadi petaka kalo video animasi yang kamu ternyata jelek. hehe

Contoh Undangan Pernikahan dengan Power Point

by Tempat Belajar – Youtube.com

Apabila kamu tidak pandai menggunakan aplikasi untuk membuat undangan pernikahan yang menarik, kamu bisa gunakan powerpoint untuk membuat motion undangn pernikahan.

Banyak cara dan tutorialnya di yucuub, kami yakin kamu bisa membuatnya jika mau mempelajarinya sedikit.

Contoh Undangan Pernikahan Digital – Whatsapp, Line, dll

contoh undangan pernikahan digital
source : kumparan.com

Kamu menganut madzhab hemat, tepat dan cepat? hehe. Males nganter surat undangan pernikahan dan males juga buat animasi videonya?

Buatlah satu halaman seperti poster mengenai surat undangan kamu, eksport dalam bentuk jpg/png, boom kamu tinggal share di media sosial dan aplikasi chat, undangan tersampaikan dengan badget paling hemat, setara satu eskrim kondangan alias gratis. hehe

Contoh Undangan Pernikahan Bahasa Inggris

contoh undangan pernikahan bahasa inggris

Mengundang tamu untuk hadir di pesta pernikahan kamu dengan bahasa inggris bisa jadi petaka kalo kamu salah dalam menerjemahkan bahasanya, kami kasih kamu gambaran komponen dalam surat undangan pernikahan dalam bahasa inggris.

  • Header Surat/Alamat Surat
  • Intro
  • Informasi tempat & waktu
  • Ucapan Terima Kasih

Alamat Surat

Wedding Invitation
to Mr. (nama tamu undangan) and Mrs.(nama tamu undangan)

Intro

request the pleasure of your presence at the marriage reception of our daughter.

Dengan suka cita mengundang untuk kehadirannya pada pernikahan anak kami.

Informasi venue

on Monday, the four of June
Two thousand and fourteen
at tweleve o’clock

St. Sudirman, Jagabaya,
Tasikmalaya,
West of Java

Ucapan Terima Kasih

It is an appreciation and happiness for us
If you can attend our sacred moment
To give a blessing prays for our son and daugter.

With love
Bobi & Noni

Contoh Undangan Pernikahan Bahasa Sunda

contoh undangan pernikahan basa sunda
source : belajarbahasasunda.com

Contoh Undangan Pernikahan Bahasa Jawa

contoh undangan pernikahan basa jawa

Unsur Surat Undangan Pernikahan

Jenis Surat Undangan Pernikahan

Hal yang sangat penting dalam undangan adalah pada “apa” undangan ini akan dibuat? bisa di kertas, kayu, atau media digital.

Seiring majunya teknologi dan zaman, semakin banyak pilihan untuk mengimplementasikan undangan. Ini dia diantaranya jenis undangan pernikahan yang bisa kamu gunakan untuk membuat undangan :

  • Kertas
  • Bambu
  • Kayu
  • Kain Spunbond
  • Kalender
  • Tote Bag/Tas
  • Balon
  • CD (kaset)
  • Kipas
  • Talenan
  • Mug
  • Bahan Daur Ulang
  • dll.

Isi Undangan Pernikahan

Sebenarnya tidak ada aturan khusus dalam membuat isi surat undangan pernikahan. Namun, kamu harus dong memberi informasi kepada orang yang kamu undang.

Nah, ini dia diantarnya yang harus ada dalam isi undangan pernikahan :

  • Pembukaan

Dalam isi undangan pernikahan, biasanya ada salam pembuka. Hal ini untuk menyapa orang yang diundang.

Meskipun ini tidak wajib panjang dan seperti pembukaan pidato, zaman sekarang lebih sederhana dan singkat.

  • Nama Mempelai dan Keluarga

Kayaknya untuk yang satu ini jelas harus ada ya. isi undangan pernikahan setelah pembukaan yakni menyebutkan nama kedua mempelai beserta nama kedua orang tua mempelai.

Kenapa nama orang tua juga dimasukan? karena yang diundang tidak hanya relasi si calon pengantin, ada juga teman dan kerabat orang tua pengantin.

  • Waktu dan Tempat

Selanjutnya isi surat undangan pernikahan ialah keterangan waktu dan tempat dimana acara pernikahan itu akan berlangsung. Ini bisa kamu jelaskan lebih lanjut dengan memberikan peta arahan di bagian belakang surat undangan.

  • Ucapan Permohonan dan Penutup

Karena sifat dari undangan ini adalah mengharapkan kehadiran tamu yang diundang. Maka di akhir isi undangan surat pernikahan kamu mencantumkan kata permohonan untuk hadir dan ucapan terima kasih.

Desain Undangan

Semua orang ingin membuat undangan yang bagus dan menarik. Tentu mereka membuat dengan berbagai macam desain dan karakter, ada yang klasik, modern, elegan, kartunis dll.

Semua jenis desain sah saja dibuat untuk isi undangan pernikahan. Akan tetapi, undangan tidak boleh terlihat norak dengan beberapa kesalahan seperti :

  • Typo
  • Jenis huruf
  • Pilihan kombinasi warna
  • Gaya Bahasa (baku lebih disarankan)

Demikian Contoh, jenis, isi & desain undangan pernikahan yang dapat insideNesia sampaikan untuk sahabat semua. Jika ada kesalahan atau kekurangan kami harap kamu mau untuk komentar dibawah.

Thank you guys.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *