SEO

Membuat Website? Stop!! baca dulu ini.

Insidenesia.com – Kita akan memulai dengan membahas situs apa yang sebaiknya kamu buat dan juga brand yang akan kamu gunakan untuk membuat website.

Website yang bagus adalah website yang dikunjungi orang lain

Kita sering menjumpai informasi yang disediakan oleh web yang ada kurang informatif, mungkin itu karena pemilik web tidak terlalu mendalami apa yang dia bahas dan lebih mementingkan traffic ketimbang kenyamanan pembaca.

Memberikan user apa yang dia cari adalah kesuksesan dalam menulis, membuat user merasa puas dengan informasi yang hanya didapat dari web anda, adalah suatu keberhasilan.

Mari sekarang kita memulai untuk membuat website ideal, menurut insideNesia, ini dia tahapannya :

Menemukan dan Menentukan Topik sebelum membuat Website

Niche atau disebut juga Topik utama dalam website adalah salah satu hal yang sangat penting dalam membuat website, karena berkaitan dengan kenyamanan pengunjung saat ingin mencoba mengikuti web/blog anda.

Niche sangat berpengaruh terhadap jumlah lonjakan pengunjung website untuk jangka waktu panjang, pemilihan topik yang tepat bisa membuat website kamu sehat dalam pertumbuhannya.

Jumlah Populasi manusia di Dunia 7,634,758,428 dari jumlah tersebut pengguna Internet ada 4,208,571,287 dan website yang online ada sekitar 1,758,469,001

dari data diatas kita bisa mengetahui bahwa apapun topik yang akan kamu angkat kemungkinan sudah ada yang membahasnya, maka solusinya adalah menjadi berbeda dan unik.

Menjadi unik akan mempersempit medan persaingan dalam berkompetisi menjadi web yang direkomendasikan mesin pencarian. Tapi menjadi unik saja tidak cukup, inilah Hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam menentukan Niche untuk blog/web anda :

  • Tren yang sedang naik/turun
  • Riset Kompetitor
  • Passion dan Ketertarikan
  • Keahlian dan Pengetahuan

PERTAMA adalah anda harus mempertimbangkan tren dari topik yang akan anda angkat, riset termudah yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan GoogleTrend.

Anda dapat melihat apakah topik yang akan anda buat memiliki pertumbuhan yang baik dari tahun ke tahun? apakah statistiknya terus melonjak naik? jika iya, maka lanjutkan ke tahap selanjutnya.

KEDUA anda harus mempertimbangkan apakah sudah ada web blogger lain yang membahas topik yang anda minati? jika ada, anda harus membuat data ada beberapa diantaranya dan temukan blank spot atau sisi yang belum dibahas secara mendetail, seperti contohnya : Blog A, B, C sama-sama membahas mengenai game mobile namun sedikit diantaranya membahas secara mendetail mengenai PUBG dalam game mobile, maka anda bisa mengambil sisi tersebut.

KETIGA coba anda resapi apakah anda memiliki ketertarikan pada topik tersebut, apakah topik tersebut dekat dengan passion anda? jika iya tentu ini akan memudahkan anda.

KEEMPAT pada bagian ini keahlian dan pengetahuan sebenarnya bisa berkembang seiring berjalannya waktu, anda dapat melatihnya dan mengasahnya.

namun yang perlu diingat adalah jangan sampai anda membuat konten topik tertentu tanpa memiliki pengetahuannya sama sekali. Jika itu terjadi maka konten anda bisa dipastikan tidak layak untuk menjadi acuan informasi serius.

Namun terkadang anda juga dapat mengikuti panggilan hati anda terlepas dari apakah topik itu trend, jumlah kompetitor dll, meskipun terbilang sulit namun website anda akan tetap dapat berkembang jika anda melakukannya dengan cara yang benar.

Maka setidaknya insideNesia sudah menyediakan dua pilihan, satu dengan cara riset dua dengan cara mengikuti apa yang menurut anda itu baik, gunakan waktu yang cukup untuk menemukan topik yang paling sesuai dan jika sudah mari kita lanjutkan ke tahap selanjutnya.


Menentukan Nama Bagi Website

source : pexels

Nama situs adalah tahap paling awal yang saya yakin terbesit dalam pikiran anda saat anda berniat membuat website, mungkin dalam pikiran anda sudah ada beberapa refrensi nama, mulai dari yang berkaitan dengan pribadi anda bahkan mungkin nama yang keren meskipun tidak ada maknanya.

Namun sebaiknya anda mempertimbangkan beberapa hal sebelum membuat nama untuk situs web anda.

Anda coba pertimbangkan mengenai Branding bagaimana brand anda akan mudah dikenal oleh orang lain, pilihlah yang paling brandable seperti contoh “Kripik Murah Enak” dan “Raja Kripik” mana menurut anda yang paling menjual dijadikan brand? tentu Raja Kripik bukan?

yaaa.. itu karena nama-nama yang brandable akan mudah diingat dan menimbulakn Trust, Identitas, Tribes dan bahkan penggemar.

‘If you’re interested in business with customers, you’re going to want a brand because without it you lack identity, a pulse, a presence, and purpose.’

Sebetulnya ada banyak sekali cara membuat nama brand/situs dari berbagai saran oleh master-master branding, mulai dari memasukan idealisme perusahaan, mengaitkan dengan nama pemilik , bahkan tidak berarti juga ada dan masih banyak lagi madzhab lainnya dalam menentukan nama brand.

Namun insideNesia hanya akan memberikan sedikit aturan yang sepertinya ada dalam mayoritas madzhab pembuatan brand, ini dia syarat dalam menentukan nama untuk website :

  • Pastikan URL tersedia, nama domain yang kamu hendaki belum ada yang menyamai dan akan lebih baik jika sebelumnya pun belum ada yang memakainya. Untuk tahap ini kamu bisa cek apakah nama domain yang available itu sudah pernah dipakai orang lain sebelumnya atau tidak,dengan menggunakan Wayback Machine
  • URL harus mudah diketik dan diucapkan, Nama domain Kiflyv mungkin enak diucapkan terdengar “Keep Life”, dan keren secara tulisan,tetapi saat anda akan mengarahkan pengunjung untuk mengetik itu Kiflyv itu akan sulit.
  • Hindari titik ( . ) Strip ( – ) dan sebagainya.
  • Hindari penggunaan kata yang panjang
  • Gunakan extention .com jika tersedia , bila tidak tersedia anda bisa gunakan .org untuk target audiens global dan .id untuk target audiens lokal indonesia
  • Pastikan domain kamu tidak melanggar hak cipta anda bisa mengeceknya di situs direktorat jendral kakayaan intelkektual. karena bisa jadi beberapa perusahaan atau orang sudah memiliki hak merk namun belum mendaftarkan situsnya.
  • Jangan habiskan uang dan waktu untuk mendapat domain jika nama domain yang anda inginkan sudah didaftarkan oleh orang lain, terkadang mereka hanya membeli nama domainnya saja dan diperuntukan untuk dijual kembali dengan harga yang berkali lipat.

.

Berikut adalah Tips dalam menentukan Niche dan Nama untuk Website anda, ingat jangan habiskan dan waktu yang berlebihan untuk menentukan kedua ini.

Tahap selanjutnya masih akan panjang, kendati di depan anda akan mengganti nama web anda atau mencampur niche nya itu tidaklah masalah, untuk sementara bangunlah dulu kredibilitas web anda.

Selanjutnya kita akan membahas mengenai, Pemasangan dan Dasar WordPress, beli domai & hosting, setting tema, mengatur plug-in dan page builder.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *